Bintaro Jaya

Kawasan Exclusive di Selatan Jakarta, Kemudahan Akses dan Lengkapnya Fasilitas "Memberikan Lebih" Dari Yang Anda Bayangkan

Selasa, 13 November 2012

Pencahayaan Artistik Bentuk Yang Unik


Lewat pancaran cahayanya, nuansa ruang mampu terbentuk dengan apik. Bentuknya pun jadi nilai estetika yang dapat menciptakan fungsi ruang

Selain furnitur, permainan tata cahaya memiliki peran penting dalam hal membentuk estetika ruang. Elemen interior yang berfungsi sebagai alat penerangan dalam ruang. Penempatannya juga mampu membentuk kesan tersendiri. Tak hanya itu, pancarannya pun juga dapat menciptakan atmosfer pada interior rumah. Sebagai salah satu elemen interior terpenting, bentuk dan fungsinya pun terbagi menjadi beberapa jenis.

Untuk menghasikan kesan dinamis sekaligus mempercantik rumah, biasanya lampu dekorasi jadi pilihan tepat. Rumah lampu atau cangkang lampu hias biasanya terbuat dari bahan fiberglass, besi dan bisa juga dari bambu atau anyaman. Sehingga pencahayaan ruang yang dihasilkan akan terlihat apik dan terkesan natural. Untuk memilih dan menempatkan lampu yang sesuai, ada beberapa tipe lampu dekorasi yang umumnya digunakan berdasarkan fungsi.
Sebagai penerangan utama, lampu merupakan sumber utama pencahayaan ruangan (selain cahaya matahari di siang hari) atau general lighting. Biasanya lampu utama diletakkan plafond di ruang keluarga atau ruang tamu, karena memiliki daya pancaran yang cukup besar. Agar penyebaran cahayanya merata, sumber titik lampu bisa dibagi menjadi beberapa titik terutama jika ruangannya cukup besar. Lampu kerap digunakan sebagai pendukung aktivitas dalam ruang. Umumnya pencahayaan seperti ini dietakkan dalam kamar tidur atau ruang kerja. Biasanya diletakkan diatas meja, digantung di dinding, diletakkan diatas lantai (standing lamp/Wood Lamps).
Untuk lampu dalam ruang kerja, sebaiknya pilih penerangan yang memiliki daya cahaya yang cukup terang dan sebaiknya arah pancarnya dapat diatur sesuai kebutuhan bekerja. Pencahayaan lampu juga dapat difungsikan sebagai dekorasi ruang atau lampu hiasan. Jenis lampu ini berfungsi untuk memperindah ruangan dan memberikan aksen sesuai tema interior pada rumah yang ingin ditampilkan. Saat ini bentuk lampu dekorasi sudah sangat bervariatif dengan berbagai ukuran. Untuk lampu dekoratif, selain memiliki bentuk yang unik, pencahayaannya pun artistik.
Penempatannya bisa diletakkan di area sudut ruangan. Kecenderungan jenis lampu ini berbentuk standing lamp. Dalam ruang keluarga, biasanya diletakkan di atas meja sehingga mampu menghasilkan efek cahaya yang menambah kesan warm pada ruangan. Sedangkan pada kamar tidur, umumnya lampu ini ditempatkan di atas nakas ataupun menempel pada dinding sehingga fungsi nakas dapat dimaksimalkan. Jika kondisi ruangan Anda tidak terlalu besar, namun kebutuhan terhadap pencahayan lampu tidur tetap bisa terpenuhi. Lampu dinding juga bisa digunakan sebagai aksen pemanis dalam ruang yang dapat memberikan efek dramatis dalam interior ruang.
Seperti pada lorong koridor rumah atau area tangga, lampu ini mempunyai peran yang penting. Selain itu, lampu dinding juga bisa diaplikasikan untuk memberikan sentuhan cahaya pada lukisan yang terpasang didinding, fleksibel sehingga bisa diatur arah sorot cahayanya. Sebagai pencahayaan buatan, lampu dekorasi diharapkan tak hanya mampu memberikan sentuhan estetika semata. Tapi juga, memberikan kenyamanan dari segi tata cahaya bagi penggunanya.

Sumber : RumahdanProperty.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar