Bintaro Jaya

Kawasan Exclusive di Selatan Jakarta, Kemudahan Akses dan Lengkapnya Fasilitas "Memberikan Lebih" Dari Yang Anda Bayangkan

Rabu, 05 Desember 2012

Waktu berlibur telah tiba, saatnya memberikan keleluasaan kepada keluarga. Namun, jika harus meninggalkan hunian langkah apa yang dapat anda lakukan agar nyaman saat berlibur..!!!



Agar rasa cemas itu tidak hinggap dibenak anda, ada beberapa tips aman yang patut dicermati untuk menghindari rasa khawatir. Alangkah baiknya sebelum meninggalkan hunian, anda memproteksi dari segi keamanannya. Menitipkan rumah kepada pembantu rumah atau saudara yang dapat anda percaya. Orang tersebut, dapat anda hubungi via telepon setiap saat adalah cara yang paling baik.

Alternatif lain dapat menggunakan jasa keamanan penjaga rumah selama berlibur. Apabila dengan terpaksa anda harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, ada baiknya anda mengetahui beberapa tips di bawah ini :

1. Sebelum anda berangkat, pastikan sekali lagi bahwa semua hal yang berkaitan dengan listrik aman saat ditinggalkan. Cabutlah pula semua peralatan listrik di rumah yang tidak terpakai (TV, Komputer, Lemari Es, AC, dan lainnya) dari stopkontak. Matikan pula semua lampu di dalam ruangan yang tidak digunakan.

2. Pastikan pula pintu dan jendela dalam kondisi terkunci. Tentunya dengan pengaman kunci yang baik. Maksimalkan dengan keamanan kunci ganda pada pintu dan jendela, untuk menghindari yang tidak diinginkan.

3. Titipkan kunci cadangan kepada orang yang dapat anda percaya. Sehingga bila ada keadaan darurat (misalnya kebakaran) maka barang-barang di rumah anda dapat mudah dievakuasi secara cepat. Jangan tinggalkan kunci cadangan di suatu tempat di rumah anda, karena siapa tahu akan ditemukan oleh orang yang berniat buruk

4. Gunakan sensor cahaya pada pengaturan lampu teras rumah, sehingga secara otomatis lampu teras bisa mati diwaktu pagi dan menyala menjelang senja. Cara ini akan bisa mengecoh calon pencuri karena menyangka seakan-akan ada orang yang menjaga rumah Anda.

5. Pasanglah kamera CCTV dan Sirine Alarm di tempat-tempat yang rawan pada rumah anda. Tempatkan CCTV pada pintu dan jendela. Bila sewaktu-waktu dibongkar pencuri, alat itu akan membunyikan sirine alarm yang segera mengundang perhatian tetangga anda.

Cara ini cukup ampuh untuk mengamankan rumah anda. Pastikan alat tersebut berfungsi dengan baik dan terhubung dengan perusahaan jasa keamanan atau via internet yang dapat terpantau dari laptop anda.

6. Cabutlah regulator kompor gas, untuk menghindari resiko kebakaran rumah anda akibat kebocoran yang terjadi oleh selang gas kompor.

7. Tutup dan matikanlah sementara keran PDAM, untuk menghindari pemborosan air yang berasal dari keran di rumah anda yang bocor.

8. Pastikan bahwa MCB atau circuit breaker pada rumah anda dalam kondisi baik. Hal ini sangat penting sebagai pengaman jaringan listrik rumah anda bilamana ada konsleting listrik atau hubungan arus pendek.

9. Upayakan untuk tidak menyimpan perhiasan, surat-surat berharga, barang-barang berharga di rumah selama anda sekeluarga berlibur. Gunakan jasa deposit box yang ada di bank, karena lebih terjamin keamanannya. Bila terpaksa meninggalkannya, simpanlah di suatu lokasi yang menurut anda tidak bakal terpikirkan oleh pencuri.

10. Bila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, titipkanlah pada orang yang bisa anda percaya atau gunakan jasa penitipan hewan. Jangan sampai sepulang dari berlibur, hewan kesayangan anda mati kelaparan.

Dari beberapa poin diatas, semoga tips tersebut dapat membuat anda merasa lebih tenang, selama meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Semoga liburan anda menyenangkan dan selamat menikmati liburan anda.

Sumber : Rumah123.com
Gambar : Exclusive 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar